Kamis, 13 Maret 2014

Pengolahan Air Limbah Domestik Menggunakan Sewage Treatment Plant ( STP )

Pada umumnya, air limbah domestik di perumahan - perumahan pada saat ini menggunakan sistem septic tank, dimana air kotor maupun kotoran dari toilet dibuang ke bak septic tank. Dalam hal ini menurut penulis, sistem tersebut kurang sempurna sebab :

1.  Kotoran tersebut terurai secara alami dan akan memerlukan jangka waktu yang lama.
2.  Dalam jangka waktu dekat bak septic tank tersebut akan penuh dan memerlukan penyedotan.
3.  Apabila tidak dilakukan penyedotan maka akan timbul bau dan air limbah akan keluar dari septic tank, bisa jadi akan menyebabkan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh polutan biologis.
4. Dapat Mencemari air sumur yang dekat dengan Septic tank dibuat
5. Mencemari debit air Tanah 

Adapun pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh polutan biologis dapat mempengaruhi air dalam 2 hal, yaitu :

1.  Mikroorganisme patogen yang mengkonsumsi materi organik, yang membutuhkan oksigen untuk proses oksidasi. Hal ini dapat menyebabkan oksigen yang terdapat pada perairan tersebut semakin hari menjadi semakin berkurang sehingga dapat mengakibatkan kehidupan akuatik menjadi terganggu.

2.  Materi organik yang terdapat di dalam air buangan mengandung nutrien yang dapat mengakibatkan pertumbuhan alga atau tanaman lainnya yang juga dapat menghilangkan oksigen dari perairan tersebut, sehingga terjadi pemotongan mata rantai dan mengubah keseimbangan yang terdapat di dalam lingkungan perairan.
Dari hal tersebut di atas, maka untuk mengatasi masalah pencemaran yang disebabkan oleh polutan biologis, diperlukan sebuah sistem pengolahan air limbah dengan proses “anoxic, anaerob, dan aerob”. Dalam hal ini pengolahan air limbah tersebut menggunakan STP ( Sewage Treatment Plant ) dalam mengolah dan mengelola air limbah domestik baik air limbah dari toilet maupun dari kitchen zink. 

Sewage Treatment Plant ( STP )
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa AMDAL telah mensyaratkan untuk keluaraan air limbah domestik yang boleh dibuang ke saluran real kota adalah kondisi airnya sebagai berikut :

• BOD :  20 ppm
• COD :  30 ppm
• SS :  50 ppm
• pH :  6 – 9

Oleh sebab itu, diperlukan penerapan sistem bio series dalam hal pengolahan air limbah domestik dalam rangka memenuhi persyaratan AMDAL tersebut di atas.







PT. BIOGREEN FIBREGLASS INDONESIA Memproduksi Septic Tank STP - BIOGREEN, yang memang sudah didesain khusus untuk membantu mengatasi penguraian limbah domestik. Septic Tank STP BIOGREEN mampu melakukan efisiensi Pengolahan sampai 90%, sehingga air buangan hasil olahan STP BIOGREEN sudah sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan oleh Pergub DKI no. 122 th. 2005 Sbb :

PH  6 – 9
KMnO4  <  85 mg/l
TSS  <  50  mg/l
Amoniak  <  10  mg/l
Minyak dan Lemak 20 mg/l
COD  <  50  mg/l
BOD  <  30  mg/l
Seny. Biru Met.  <  2 mg/l

Segera gunakan STP BIOGREEN untuk lingkungan yang lebih bersih dan sehat.



PT. BIOGREEN FIBREGLASS INDONESIA
Alamat       : Kawasan Industri dan Pergudangan Dadap No. 27 - Tangerang 15211
Telp            : 021 - 5595 6508, 5596 3984
Fax             : 021 - 5595 6754
Email          : frpbiogreen@gmail.com

Marketing    : Chandra
Mobile         : 0812 9330 7788 ( Simpati )
Esia             : ( 021 ) 96 777 919

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog